Pages

Subscribe:

Thursday, April 17, 2014

Fiber Optic


Apa itu Fiber Optic (FO) ?

Fiber optik merupakan saluran transmisi (pemindah informasi) yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Fiber Optik terbuat dari serat kaca dan bentuknya panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Serat kaca ini merupakan serat yang dibuat secara khusus yang terbuat dari bahan kaca murni dan kemudian diproses menjadi sebentuk gulungan kabel agar dapat digunakan untuk melewati data yang ingin dikirim atau diterima.

Fiber optik ini terdiri dari beberapa bagian yaitu Cladding, Core, dan Buffer Coating. Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik dan menjadi tempat berjalannya cahaya sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan. Cladding adalah lapisan luar yang membungkus Core dan memantulkan kembali cahaya yang terpancar keluar kembali ke dalam Core. Sedangkan Buffer Coating merupakan lapisan plastik yang melindungi serat dari kerusakan dan kelembaban.

JENIS - JENIS FIBER OPTIC (FO)

a) Multi Mode Fiber (MMF)

b) Single Mode Fiber (SMF)

MMF (Multi Mode Fiber)

Yaitu fiber optic yang memiliki inti lebih besar dan tersedia dalam 2 ukuran, yaitu FO dengan  diameter 0.0025 inchi atau setara dengan 62.5 micron dan 50 micron yang memiliki kegunaan untuk mengirim sinyal cahaya infra merah dengan panjang gelombang 850-1300 nano meter

SMF (Single Mode Fiber)

Yaitu memiliki inti yang lebih kecil dengan diameter 0.00035 inchi atau setara dengan 9 micron dan memiliki kegunaan untuk mengirimkan sinyal cahaya infra merah dengan panjang gelombang 1300-1550 nanometer

Serat optic yang beroperasi pada panjang gelombang 850 nm, 1300 nm, dan 1550 nm menduduki wilayah dengan redaman yang kecil.
System serat optic memiliki
a) Redaman 0,2 dB/km pada sekitar 1550 nanometer (Jenis SMF)
b)  Kurang dari 0,5 dB/km pada sekitar 1300 nanometer (Jenis MMF) 

2 comments:

Post a Comment